News Update :

Strategi Peningkatan  Kompetensi Kepala Madrasah dan RA

Rabu, 17 Januari 2024

Dalam upaya meningkatkan kompetensi kepala Madrasah dan RA se Kota Malang, Kantor Kementerian Kota Malang menggelar workshop pada tanggal 15 - 16 Januari 2024. Workshop ini bertemakan "Peran Kepala Madrasah/RA dalam Membangun Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Pembelajaran Kontekstual dan Critical Thinking berdasarkan CP, TP, ATP Berbasis Project P5 yang Rahmatan Lil alamin di Era Society 5.0." Kegiatan ini diadakan di hall MIN 1 Kota Malang dan dihadiri oleh 250 peserta yang dibagi menjadi dua sesi.

Tujuan utama dari workshop ini adalah untuk membekali kepala madrasah agar mampu menyambut tahun ajaran 2024/2025 dengan kemampuan mengimplementasikan kurikulum secara benar. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para guru di madrasah tersebut. Workshop ini dipandu oleh tim dari HAFECS (Highly Functioning Education Consulting Services), yang memiliki visi memacu transformasi pendidikan di Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru.

Kasi Pendma Abdul Mughni, yang mewakili kepala kantor Kementerian Agama Kota Malang, menyampaikan pentingnya peran kepala madrasah sebagai pemimpin pendidikan. Mughni menekankan bahwa kepala madrasah harus memastikan bahwa kurikulum dapat diimplementasikan dengan baik oleh para guru di kelas masing-masing. Menurutnya, kurikulum bukan hanya sekadar dokumen, tetapi harus menjadi sajian interaktif di depan peserta didik.

Dalam pembukaannya, Abdul Mughni juga menekankan bahwa kepala madrasah harus dapat memotivasi guru dan mengontrol proses pembelajaran. Jika terdapat kendala, Mughni mendorong agar kepala madrasah memanfaatkan KKM (Kumpulan Karya Ilmiah) sebagai wadah untuk berbagi praktik baik dan saling bertukar informasi. Dengan demikian, diharapkan kurikulum yang diterapkan dapat memberikan dampak positif pada perkembangan pendidikan di Kota Malang.(HUMAS)

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright KEMENAG KOTA MALANG 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.