News Update :

Kepala Kemenag Kota Malang Kunjungi Gereja dengan Pesan Damai

Minggu, 24 Desember 2023

Kota Malang (25/12) -- Dalam rangka memastikan keamanan dan kenyamanan peribadatan dan menyampaikan pesan natal dari Menteri Agama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Gus Shampton, didampingi oleh pengawas Katolik, Aloysius Beja, melaksanakan kunjungan ke dua gereja Katolik, yakni Gereja Katolik Santo Yohanes Pemandi Janti dan Gereja Maria Diangkat Ke Surga di Jalan Lely pada hari Senin, 25 Desember 2023. Dikedua gereja tersebut beliau disambut oleh pastor paroki masing-masing gereja.

Data yang dihimpun oleh Humas menunjukkan kehadiran jemaat dalam perayaan Natal di kedua gereja tersebut:

Gereja Katolik Santo Yohanes Pemandi Janti:

- Misa Pagi (07.00-08.00): 1042 Jemaat

- Misa malam pertama (17.30): 1600 Jemaat

- Misa malam kedua (20.00-22.00): 646 Jemaat

Gereja Maria Diangkat ke Surga Jalan Lely:

- Misa pagi Pertama (06.00): 460 Jemaat

- Misa pagi Kedua (08.00): 500 Jemaat

- Misa malam pertama (18.00): 1000 Jemaat

- Misa malam kedua (21.00): 700 Jemaat

Dalam momen yang penuh makna, Natal tahun ini diberi tema "Kemuliaan bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi" (Lukas 2:14)

Romo Eko Atmono, Pr., dalam wawancaranya menyampaikan, "Saya sangat berkesan dengan kunjungan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang dalam kegiatan Natal di Gereja kami. Kunjungan beliau adalah bentuk pengayoman terhadap seluruh umat beragama di Kota Malang. Semoga tahun depan hubungan kita semakin baik." Harapnya.

Dalam sambutannya, Gus Shampton menyampaikan pesan Menag Yaqut Cholil Qoumas yang mengucapkan selamat kepada umat Kristiani yang merayakan natal.

Natal selalu menghadirkan suka cita bersama bagi umat Kristiani di mana pun berada. Natal menjadi simbol akan kesucian dan datangnya beragam kebaikan yang menyertainya.

"Di tengah kegembiraan ini, Menag mengajak seluruh umat Kristiani untuk terus menebarkan nilai-nilai kebaikan tanpa mengenal batas maupun balutan beragam identitas.

Menurutnya, tema Natal tahun ini “Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi” membawa pesan akan pentingnya Damai Sejahtera (shalom). Yaitu, suasana hidup yang damai, rukun, dan tentram, tidak hanya berkaitan dengan hubungan antara manusia dengan Tuhan, tetapi juga hubungan antarsesama umat manusia, dan antara manusia dengan alam semesta.

Menteri Agama juga berpesan bahwa Pesan damai natal sangat penting dalam menyongsong pesta demokrasi pemilihan umum pada 14 Februari 2024. Apa pun pilihan politik kita, perdamaian dan kerukunan umat harus dikedepankan.

Tema Natal tahun ini juga sangat relevan dengan tantangan perubahan iklim yang sedang mendera dunia. Perayaan Natal harus mampu menjadikan kita semakin peduli terhadap kelestarian alam. Segala bentuk perusakan lingkungan yang sangat berbahaya untuk keberlangsungan hidup semua makhluk harus dihentikan. "Tanggung jawab kita bersama untuk menjaga bumi terus lestari dan damai sejahtera,".

Kunjungan kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang untuk menggarisbawahi pentingnya kerukunan umat beragama serta kerja sama dalam menjaga ketentraman dan keamanan dalam merayakan ibadah di momen Natal. Hal ini juga menjadi bentuk nyata dari dukungan pemerintah terhadap kelancaran peribadatan umat beragama. Humas

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright KEMENAG KOTA MALANG 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.